Ikut Rombongan, Lazismu Kabupaten Banjar Serahkan Bantuan Ke Kotabaru

Ikut Rombongan, Lazismu Kabupaten Banjar Serahkan Bantuan Ke Kotabaru

Kotabaru-Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Banjar ikut penyerahan seremonial bantuan korban kebakaran JL. Patmaraga kotabaru bersama rombongan Lazismu dan pimpinan wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan pada Ahad (15/11) di kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kotabaru yang berada di Masjid Al-Istiqamah, Jalan Pattimura No. 64, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru.

Penggalangan dana kemanusiaan yang dihimpun oleh Lazismu Wilayah Kalimantan berdasarkan surat Instruksi Penggalangan Dana Kemanusiaan sampai dengan tanggal 14 November 2020 berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 51.160.140,00. Donasi ini berasal dari penghimpunan yang dilakukan oleh Lazismu tingkat Daerah dan Kantor Layanan di Kalimantan Selatan, seperti Lazismu Kabupaten Banjar, Lazismu Kabupaten Tapin, Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Lazismu Kabupaten Tanah Bumbu.

Penyerahan bantuan ini merupakan respon dari Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan pada hari Jum’at, 30 Oktober 2020. 150 unit rumah yang berada di Jalan Patmaraga, tepatnya di RT 8, RT 9, RT 13, RT 15, dan RT 16 habis dilalap api yang mulai membakar pada pukul 02.00 WITA dan baru bisa dipadamkan pada pagi hari. Akibatnya, 159 Kepala Keluarga atau 505 jiwa harus mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian akibat kebakaran ini juga diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Sementara itu, penggalangan dana yang dilakukan oleh Lazismu Kabupaten Kotabaru sebagai daerah yang terdampak langsung berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 103.445.603,00. Dana bantuan hasil penghimpunan ini pun diserahkan langsung secara simbolis kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kotabaru, Abdul Samad oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan, Drs. H. Tajuddin Noor, S.H., M.H. didampingi oleh M. Taufik Fahrudin, M.Pd. selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan, dan Drs. H. Arsuni Busyra selaku Bendahara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan.

Drs. H. Tajuddin Noor, S.H., M.H., Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah beserta rombongan ke Kotabaru ini guna menyerahkan bantuan.
“Semoga apa yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk korban bencana kebakaran dan para korban dapat tabah dalam menghadapi musibah tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Drs. H. Umransyah Alie, M.H., Ketua Lazismu Kalimantan Selatan juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Lazismu tingkat Daerah dan Kantor Layanan di Kalimantan Selatan yang telah melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk warga terdampak kebakaran di Kotabaru.
“Penggalangan donasi yang dilakukan telah berhasil menghimpun dana untuk membantu mereka yang terdampak bencana di Kotabaru. Dengan semangat Memberi Untuk Negeri yang menjadi motto Lazismu, kita dapat saling berbagi kepada mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Muhammad Nashir, Staf Program da Penghimpunan Lazismu Kabupaten Banjar yang ikut dalam rombongan menyampaikan total penghimpunan yang ikut terakumulasi dengan Lazismu Kalimantan Selatan.
“kami Alhamdulilah menghimpun dana dengan total hingga Rp. 20.567.310,- amanah dari masyarakat yang saat ini kami teruskan ke Lazismu Kalimantan selatan untuk selanjutnya di sampaikan ke Lazismu Kotabaru sebagai pengelola dana bantuan di Lokasi Kejadian,”jelsnya (MDN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *